BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Selasa, 03 November 2009

mengenal bahasa C++

Sejarah bahasa C
Sejarah bahasa C
Perkembangan bahasa C
Bahasa C dirancang oleh Dennis M. Ritchie pada tahun 1972 dan dituangkan pada “C Reference Manual” yang diterbitkan oleh Bell Laboratories pada tahun 1974. Bahasa C merupakan perkembangan bahasa BCPL (Basic Combined Programming Language) yang dibuat oleh Dr. Martin Richard dari Cambridge University di Ingggris, kemudian dikembangkan oleh Ken Thompson menjadi bahasa yang disebut dengan B. Dennis M. Ritchie tertarik oleh interpreter bahasa B yang ditulis Ken Thompson tersebut dan mengembangkannya menjadi suatu compiler yang disebut dengan C. Nama C ini dipilih karena merupakan urutan selanjutnya dari B pada alphabetic. Definisi dari bahasa C dikelurkan pada tahun 1979 dalam buku “The Programming Language” oleh Brian Kerninghan dan Dennis M. Ritchie. Sejak saaat itu masyarakat mulai mengenal adanya suatu bahsa yang baik yaitu C. Hingga sekarang telah hadir puluhan versi dari compiler C.
Perkembangan bahasa di komputer mikro dimulai tahun 1978 yaitu Tiny-C yang ditulis oleh Tom Gibson. Seperti versi dari C sebelumnya, Tiny-C ditulis bukan untuk tujuan komersial melainkan digunakan Tom Gibson untuk mengajarkan anaknya mengenai bahasa C. Tom menyadari nilai komersial dari usahanya dan mulai memasarkan produknya. Tetangga Tom Gibson yaitu George Eberhart (penulis bahasa CI-C68) menulis compiler tiny-c tersebut. Tiny-c kemudian banyak dikembangkan versi bahasa C lainnya yaitu Small-C, C-80, QC, CW/C dan banyak lainnya.
Jenis bahasa C lain yang ditulis untuk komputer mikro adalah BD system C (BDS C). Compiler dari BDS C merupakan hasil kerja dari Leor Zolman. Sewaktu dia berumur 17 tahun Leor Zolman menulis suatu permainan Othello di system operasi UNIX. Pertama kali program Othello dijalankan kurang sempurna, kemudian Leor Zolman menulis bagian dari bahasa C untuk menunjang program Othello tersebut. Setelah mencoba compiler C tersebut Leor Zolman menyadari produknya dapat dipasarkan, yang kemudian banyak digunakan di komputer mikro. Sehingga mulai banyak ditulis versi lain bahasa C yang didasarkan pada BDS C.Versi-versi yang paling popular untuk koputer mikro adalah MS-C (Microsoft C) dan Turbo C.
Sampai tahun 1982 sistem operasi CP/M dan MP/M merupakan system operasi yang dominan pada komputer mikro. Mulai awal tahun 1983 sistem operasi yang mulai banyak dipergunakan oleh komputermikro adalah MS-DOS dan bahsa C juga dapat dijanlankan denagn system operasi ini. Jadi untuk mikro komputer, system operasi yang dapat menjalankan bahasa C adalah CP/M dan MP/M, MS-DOS dan PC-DOS serta UNIX.



Versi Bahasa C
C K&R
Pada tahun 1978, Dennis Ritchie dan Brian Kernighan menerbitkan edisi pertama dari buku yang berjudul The C Programming Language. Buku ini hingga sekarang diakui sebagai kitab suci bahasa C dan merupakan referensi utama seorang pemrogram yang ingin mengetahui tentang bahasa C, terutama karena begitu lengkapnya cakupan buku ini tentang bahasa C dan mudahnya program yang dicontohkan dalam buku ini.
Versi bahasa C yang ditampilkan dalam buku ini kemudian dikenal dalam kalangan pemrogram sebagai C K&R. Pada buku The C Programming Language edisi kedua kemudian melingkupi ANSI C yang diperkenalkan belakangan.
ANSI C & ISO C
Pada perkembangannya, muncul versi-versi C lain yang pada akhirnya membuat kebingungan di kalangan pemrogram. Karena itu, pada tahun 1983, American National Standards Institute (ANSI) membuat sebuah komite untuk membuat sebuah versi standar dari bahasa C. Setelah melalui proses yang panjang dan sengit, pada tahun 1989, telah berhasil disahkan standar yang dinamakan ANSI X3.159-1989, versi ini seringkali dinamakan ANSI C, atau kadang-kadang C89.
Pada 1990, versi ANSI C diadopsi oleh Organization for Standardization (ISO) dengan sedikit perubahan dengan nama ISO/IEC 9899:1990. Versi ini seringkali dinamakan ISO C atau C90. Karena versi ANSI C dan ISO C hanya memiliki sedikit perbedaan, pemanggilan C90 dan C89 merujuk pada bahasa yang sama.
C99
Versi C99 dibuat oleh ISO C pada tahun 1999. Versi ini dimaksudkan terutama untuk memperbanyak dukungan kepada pemrograman berorientasi objek, terutama setelah C++, yang dibuat berdasarkan bahasa ini mendapat tempat yang istimewa di kalangan pemrogram

Pengertian
Bahasa pemrograman C adalah salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1970-an untuk Sistem Operasi Unix oleh Bell Labs (Ken Thompson dan Dennis M. Ritchie). Merupakan kelanjutan dari bahasa BCPL. Bahasa Pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling sering dipakai oleh pemrogram di seluruh dunia, terutama karena C memperbolehkan pengaksesan memori secara manual.
C telah mempengaruhi bahasa-bahasa pemrograman yang lain, terutama C++. Bahkan C seringkali dipakai untuk membuat bahasa-bahasa pemrograman yang lain. Umumnya C dipakai untuk membuat program sistem dan jaringan, walaupun tidak jarang juga dipakai untuk membuat program aplikasi.

Pustaka (Library)
Pustaka (seringkali dirujuk sebagai library), adalah kumpulan fungsi-fungsi yang terkandung dalam satu file, Setiap file pustaka mempunyai satu Header file yang menyimpan cetak biru dari fungsi-fungsi yang terkandung dalam file pustaka.
Bahasa C seringkali dipakai untuk membuat file-file pustaka yang menyimpan fungsi-fungsi tertentu, dikarenakan C dapat dikompile menjadi bahasa mesin yang sangat cepat dan kecil ukurannya, kemudian bahasa pemrograman lain seperti Python yang akan menciptakan antar-muka dari fungsi-fungsi yang dikandungnya.
Pustaka yang paling sering dipakai adalah Pustaka Standar C, yang berisi fungsi-fungsi standar yang berasal dari ANSI C. Pustaka standar ini sekarang telah terkandung dalam hampir setiap kompiler C yang dipakai.

Penulisan Sintaks
Salah satu konsep yang penting dalam bahasa computer adalah struktur. Struktur merupakan suatu bentuk susunan dari suatu program yang dibuat. Suatu program C mempunyai sturktur sebagai berikut :

Main ( ) nama dari fungsi
{ awal dari fungsi
Blok fungsi (tubuh fungsi)

} akhir dari fungsi
Program C merupakan program yang berbentuk fungsi-fungsi. Main ( ) merupakan nama dari suatu fungsi yang harus selalu ada di program C dan diletakkan pada bagian tertentu yang menunjukkan kepada compiler dimana awal dari program. Selain itu main ( ) ini hanya dapat digunakan sekali saja dalam suatu program atau juga dapat dikatakan setiap program C harus mengandung fungsi main ( ) agar dapat diproses. Sehingga suatu program yang ridak mengandung main ( ) tidak dapat proses.
Tanda brace pembuka “{“ yang diletakkan di bawah nama fungsi main ( ) menunjukkan tanda awal dari perintah-perintah yang akan ditulis atau tanda “{“ merupakan awal dari function body (function block). Tanda brace penutup “}” menunjukkan akhir dari suatu function body (tubuh fungsi).
Suatu program C dapat terdiri lebih dari satu tubuh fungsi. Pada program sederhana sebelumnya hanya terdiri dari sebuah tubuh fungsi, sedangkan suatu fungsi dapat dibuat dari satu atau lebih statement atau library function (fungsi pustaka) yang sudah tersedia. Sama dengan halnya program Pascal, program C juga tidak mengenal aturan penulisan di kolom yang tertentu. Penulisan yang menjorok masuk beberapa kolom hanya dimaksudkan supaya enak dan mudah untuk dibaca. Penulisan yang dianjurkan adalah ssebagai berikut :
Main ( )
{
Printf(“Halo saya C”);
}
Operasi Matematika Sederhana
Operator
Keterangan
*
Perkalian
/
Pembagian
%
Modulus atau sisa pembagian
+
Pertambahan
-
Pengurangan

Contoh :
main ( )
{
int a,b,c1,c2,c3,c4,c5;
a = 20;
b = 3;

c1 = a * b;
c2 = a / b;
c3 = a % b;
c4 = a + b;
c5 = a – b;

printf(“a * b = %d\n”,c1);
printf(“a / b = %d\n”,c2);
printf(“a modulus b = %d\n”,c3);
printf(“a + b = %d\n”,c4);
printf(“a - b = %d\n”,c5);
}
Bila program ini dijalankan, akan didapat hasil :
a * b = 60
a / b = 6
a modulus b = 2
a + b = 23
a – b = 17

RFC
Sebuah dokumen Request for Comments (RFC) adalah salah satu dari seri dokumen infomasi dan standar Internet bernomor yang diikuti secara luas oleh perangkat lunak untuk digunakan dalam jaringan, Internet dan beberapa sistem operasi jaringan, mulai dari Unix, Windows, dan Novell NetWare. RFC kini diterbitkan di bawah arahan Internet Society (ISOC) dan badan-badan penyusun-standar teknisnya, seperti Internet Engineering Task Force (IETF) atau Internet Research Task Force (IRTF). Semua standar Internet dan juga TCP/IP selalu dipublikasikan dalam RFC, meskipun tidak semua RFC mendefinisikan standar Internet. Beberapa RFC bahkan hanya menawarkan informasi, percobaan/eksperimen, atau hanya informasi sejarah saja.
Sebelum menjadi sebuah dokumen RFC, sebuah dokumen yang diajukan akan dianggap menjadi draf Internet (Internet draft), yang merupakan sebuah dokumen yang umumnya dikembangkan oleh satu orang pengembang di dalam kelompok kerja IETF atau IRTF. Sebagai contoh, kelompok kerja IPv6 (IPv6 working group) mengkhususkan usahanya hanya untuk mengembangkan standar-standar yang akan digunakan pada IPv6, protokol calon pengganti IPv4. Setelah beberapa waktu, dokumen tersebut akan diulas dan akhirnya harus diterima secara konsensus oleh para penguji. Dan setelah diterima, maka IETF pun menerbitkan versi final dari draf Internet tersebut menjadi sebuah RFC dan kemudian memberikan nomor urut kepadanya, yang disebut sebagai RFC Number.
Daftar RFC yang lazim digunakan
RFC
Subject
RFC 768
User Datagram Protocol
RFC 791
Internet Protocol
RFC 792
Control message protocol
RFC 793
Transmission Control Protocol
RFC 821
Simple Mail Transfer Protocol, digantikan RFC 2821
RFC 822
Format e-mail, digantikan RFC 2822
RFC 826
Address resolution protocol
RFC 894
IP melalui Ethernet
RFC 951
Bootstrap Protocol
RFC 959
File Transfer Protocol
RFC 1034
Domain Name System - konsep
RFC 1035
DNS - implementasi
RFC 1122
Syarat-syarat Host I
RFC 1123
Syarat-syarat Host II
RFC 1191
Penemuan Path MTU
RFC 1256
Penemuan router
RFC 1323
TCP dengan kemampuan tertinggi
RFC 1350
Trivial File Transfer Protocol
RFC 1403
Interaksi BGP OSPF
RFC 1459
Protokol Internet Relay Chat
RFC 1498
Diskusi arsitektur
RFC 1518
Alokasi alamat CIDR
RFC 1519
CIDR
RFC 1591
Domain Name Structure/DNS
RFC 1661
Point-to-Point Protocol
RFC 1738
Uniform Resource Locator
RFC 1771
A Border Gateway Protocol 4
RFC 1772
Aplikasi BGP
RFC 1789
Telepon melalui Internet (digantikan VoIP)
RFC 1812
Syarat-syarat bagi router IPv4
RFC 1889
Real-Time transport
RFC 1905
Simple network management protocol
RFC 1907
MIB
RFC 1918
"Network 10"
RFC 1939
Post Office Protocol versi 3 (POP3)
RFC 2001
Perpanjangan performa TCP
RFC 2026
Proses Standar Internet
RFC 2045
MIME
RFC 2046
RFC 2047
RFC 2048
RFC 2049
RFC 2060
Internet Message Access Protocol versi 4 (IMAP4), digantikan RFC 3501
RFC 2131
DHCP
RFC 2223
Petunjuk bagi author RFC
RFC 2231
Set aksara
RFC 2328
OSPF
RFC 2401
Arsitektur Keamanan
RFC 2453
Routing Information Protocol
RFC 2525
Masalah-masalah TCP
RFC 2535
Keamanan DNS
RFC 2581
Kontrol kemacetan TCP
RFC 2616
HTTP
RFC 2663
Network address translation
RFC 2766
NAT-PT
RFC 2821
Simple Mail Transfer Protocol
RFC 2822
Format e-mail
RFC 2960
SCTP
RFC 3010
Network File System
RFC 3031
Arsitektur MPLS
RFC 3066
Tag bahasa
RFC 3092
Etimologi "Foo"
RFC 3098
Beriklan dengan bertanggung jawab menggunakan E-mail
RFC 3160
Tao IETF
RFC 3168
ECN
RFC 3501
IMAP4rev1

Bahasa C tidak masuk dalam RFC karena RFC berbentuk jaringan , Internet DLL.

0 komentar: